Minggu, 30 Desember 2012

Inilah Trend Teknologi Terbesar di 2012

Best Gadget 2012






 Seperti halnya hal-hal lain, selalu penuh dengan tren. Untuk teknologi pun trennya juga selalu berubah. Mau tahu apa saja?


Seperti dikutip dari Pocket-lint, berikut adalah beberapa tren teknologi pada tahun 2012.
 
1. Foto hasil proses filter
Foto hasil filtering aplikasi mobile saat ini memang sedang ramai, terutama ketika Instagram muncul ke permukaan, dengan filter foto bergaya retro.
 
2. Laptop convertible
Awalnya banyak yang sedikit bingung ketika produk jenis ini muncul; menggabungkan keyboard laptop dengan tablet. Tapi seiring dengan munculnya OS Windows 8 dan Windows RT, semakin banyak vendor meluncurkan produk dengan tipe ini.
 
3. Tablet 7 inci
Tahun 2012 ini banyak produsen yang cenderung unutk meluncurkan produk tabletnya dengan ukuran 7 inci. Samsung, Amazon dan Nook telah melakukan hal ini.
 
4. Near Field Communication (NFC)
Near Field Communication menurut Wikipedia merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat. Tahun 2012 'tidak lengkap' rasanya memiliki handset yang tidak memiliki teknologi NFC.
 
5. Perang Paten
Meski sudah dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya, namun tahun ini perang paten masih saja 'ramai'.
 
6. Crowd Funding
Tahun ini banyak sekali aksi penggalangan dana donasi melalui internet yang dikenal sebagai 'crowd-funding'. Platform yang terkenal dari aktivitas ini tentunya adalah Kickstarter, yang sudah didirikan sejak tahun 2009.
 
7. Frekuensi 4G
Teknologi merupakan 'masa depan' untuk komunikasi mobile. Namun hingga kini (sayangnya) di Indonesia belum terealisasi. Untuk negara-negara maju beberapa sudah mengadopsi teknologi ini.
 
8. On-ear Headphone
Teknologi on-ear headphone diperkenalkan oleh Beats Audio sejak tahun 2011, namun baru tahun ini trennya semakin menggema.
 
9. Speaker wireless portable
Speaker wireless portable kini semakin canggih. Ada yang menggunakan 'hanya' Bluetooth, bahkan Wi-Fi. Teknologi inilah yang kini juga sedang ramai di 2012.

Inilah Tren Teknologi Terbesar di 2012 - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar