Senin, 04 November 2013

Lima Kiper Ini Cetak Gol dari Jarak Jauh

Lima Kiper Ini Cetak Gol dari Jarak Jauh

Lima Kiper Ini Cetak Gol dari Jarak Jauh

Membuat gol dari tendangan jarak jauh menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain. Namun bagaimana kalau seorang kiper yang mencetak gol dari jarah jauh?

Posisi kiper adalah yang paling khusus dari semua posisi di lapangan. Tidak seperti pemain lain, kiper dapat menyentuh bola dengan seluruh bagian tubuh mereka, asalkan di daerah penalti mereka sendiri.

Di luar area penalti mereka, kiper memiliki pembatasan yang sama sebagai pemain lapangan lainnya. Mereka juga "dilindungi" dari campur tangan aktif oleh lawan-lawan di daerah tujuan mereka sendiri.

Tugas seorang kiper adalah mengawal gawang agar tidak ada bola yang masuk ke gawangnya. Namun bagaiman jika para kiper mencetak gol dari jarak puluhan meter? Berikut uraiannya.


Hannes Leo


1. Hannes Leo

Nama penjaga gawang ini terdengar asing di telinga pecinta sepak bola. Leo bermain di Liga Amatir Austria.

Dia pernah mencetak gol fantastis pada Bulan Agustus 2013. Kiper USK Plesendorf itu mencetak gol untuk timnya saat menang 4-2 atas Berndorf di Piala Australia.

Gol itu terjadi di menit ke-90 saat kedudukan 3-2 untuk USK Plesendorf. Saat itu seluruh pemain Berndorf mengepung pertahanan USK Plesendorf, termasuk kiper.

Leo berhasil menjinakkan bola sepak pojok. Setelah itu dia langsung menyepak bola dengan kekuatan penuh ke gawang lawannya. Kiper lawan yang sudah terlanjur maju tak bisa menghentikan laju bola.

Tim Howard

2. Tim Howard

Kiper Everton itu membuat gol dari jarak 95 meter pada Bulan Januari 2012. Sebanyak 29 ribu penonton terkejut melihat gol yang dicetak Howard saat Everton menghadapi Bolton Wonderers.

Gol itu tercipta di menit ke-60, Howard menendang bola langsung ke jantung pertahanan Bolton, berniat mengumpan ke Louis Saha. Akibat kencangnya sepakan Howard, bola malah melewati Saha dan dua pemain belakang Bolton.

Bola memantul tanah dan kiper Bolton, Adam Bogdan tak bisa menghentikan bola.

Otto Martler

3. Otto Martler

Bulan Juni 2013 di Liga Swedia saat pertandingan Velberg kontra Falkenberg. Ada sebuah gol yang sangat fantastis dicetak oleh kiper.

Kiper Falkenberg, Otto Martler menendang bola keras-keras dari kotak penaltinya sendiri. Bola sempat memantul di depan kotak penalti Varberg dan membuat bingung penjaga gawang Dan Sade yang salah perhitungan ketika memutuskan menjemput bola. Gol kejutan pun tercipta dan merubah skor menjadi 2-0.

Kalau dihitung, Martler mencetak gol tersebut dari jarak 90 yard atau kurang lebih 82 meter.




Paul Robinson


4. Paul Robinson

Pada tanggal 24 September 2013, kiper Tottenham, Paul Robinson mencetak gol spektakuler ke gawang Leeds United yang dikawal oleh Ben Foster di Piala FA.

Asmir Begovic


5. Asmir Begovic

Begovic baru saja mencetak gol spektakuler di Liga Primer Inggris saat timnya, Stoke City kontra Southampton, Sabtu (2/11/2013).

Begovic mencetak gol saat pertandingan baru berjalan 12 detik. Hebatnya lagi, dia tercatat sebagai pencetak gol keempat tercepat di Liga Primer Inggris.



Lima Kiper Ini Cetak Gol dari Jarak Jauh - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar