Senin, 25 November 2013

Studi: Makan Kacang Bisa Bikin Panjang Umur

 Studi: Makan Kacang Bisa Bikin Panjang Umur


Makan Kacang Bisa Bikin Panjang Umur

 Mereka yang rutin memakan kacang-kacangan tampaknya memiliki angka harapan hidup lebih lama, demikian ungkap penelitian yang dilansir BBC.

Penelitian oleh tim ilmuwan Inggris ini mengungkap manfaat yang dirasakan oleh mereka yang sehari-hari rajin memakan kacang dalam porsi wajar. Mereka menyebutkan, mengonsumsi kacang dapat menguatkan fungsi jantung.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine ini mengatakan, para pemakan kacang ini memang memiliki gaya hidup sehat, tetapi kacang itu juga berkontribusi terhadap umur mereka yang lebih panjang.

Studi ini diikuti hampir 120 ribu orang selama 30 tahun. Semakin teratur para responden mengkonsumsi kacang-kacangan, semakin kecil kemungkinan mereka mati selama penelitian berlangsung.

Mereka yang makan kacang seminggu sekali disebutkan memiliki kemungkinan untuk meninggal selama studi 11% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan kacang.

"Manfaat yang paling jelas adalah berkurangnya kematian akibat penyakit jantung sebanyak 29%, tetapi kami juga melihat penurunan yang signifikan, yakni 11%, dalam risiko kematian akibat kanker," ujar Dr Charles Fusch, peneliti utama dari Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women's Hospital.

Meski demikian, British Heart Foundation, sebuah yayasan jantung asal Inggris mengatakan, studi ini masih harus dikaji lagi lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan jantung.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah memakan kacang hari ini?
Studi: Makan Kacang Bisa Bikin Panjang Umur - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar