Kamis, 07 November 2013

Ongkos Produksi iPad Air Ternyata Hanya Rp3 Jutaan

 Ongkos Produksi iPad Air Ternyata Hanya Rp3 Jutaan


iPad Air
 Penelitian dari IHS Research mengungkap, Apple sukses menekan ongkos produksi iPad Air dibanding iPad sebelumnya, dengan hanya Rp3 jutaan per unit.

IHS memperkirakan total biaya produksi dari iPad Air 16GB WiFi hanya US$274 (Rp3,1 juta), atau sekitar US$42 lebih murah daripada iPad 3.

Dari biaya produksi tersebut, perangkatnya kemudian dibanderol US$499. Dari sini terlihat keuntungan per unit yang bisa dikantongi Apple adalah sekitar US$225.

Sementara itu, versi seluler iPad Air 16GB memakan ongkos produksi US$310, atau US$21 lebih murah dibanding iPad 3. Dari ongkos produksi yang hanya US$310 saja, Apple kemudian membanderolnya US$629. Wow!

Dengan ongkos produksi lebih murah, Apple membekali iPad Air dengan komponen dan fitur lebih canggih dibanding iPad 3, seperti dinukil DigitalTrends.

Menurut IHS, Apple berhasil memangkas ongkos produksi dengan penghematan di komponen lain. Selain itu, iPad Air juga memanfaatkan pemasok dan banyak komponen yang sama seperti yang digunakan iPhone 5S dan 5C.

Melihat strategi jenius ini, tidak heran jika lumbung uang Apple semakin gemuk dari hari ke hari seiring suksesnya penjualan iPad.

Ongkos Produksi iPad Air Ternyata Hanya Rp3 Jutaan - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar