Rabu, 13 November 2013

80 Orang Dihukum Mati Hanya Karena Nonton TV

80 Orang Dihukum Mati Hanya Karena Nonton TV 

Pemimpin Korut Kim Jong Un
Sebanyak 80 orang dihukum mati di depan umum di Korea Utara, hanya karena kesalahan sepele. Mereka kedapatan menonton televisi, atau menyimpan video Korea Selatan.

Satu saksi mata yang dikutip harian Korsel Joong Ang Ilbo mengungkapkan, eksekusi itu dilakukan di Kota Wonsan. 10 ribu warga kota pesisir timur Korut itu dipaksa datang ke stadion setempat untuk menyaksikan jalannya eksekusi. Sebuah regu tembak memberondong ke-980 orang yang diikat di tiang, dan kepalanya ditutup kain putih.

‘’Saya dengar penonton sampai tak tega melihat jasad para korban yang tidak lagi bisa dikenali wajahnya,’’ tutur sumber tadi. Agustus lalu Pemimpin Korut Kim Jong Un juga menghukum mati belasan pemain Unhasu Orkestra dan anggota Band Wangjaesan.

Dalam eksekusi 3 November lalu, tak seorang korban pun yang melakukan tindak kriminal atau aksi teror. Mereka yang menggunakan telepon genggam, membaca kitab suci dan melihat film porno itu, dibunuh karena dinilai terpengaruh budaya asing. ‘’Rezim setempat takut, rakyatnya akan berubah alur pemikiran,’’ tutur salah satu pembelot Korut.

80 Orang Dihukum Mati Hanya Karena Nonton TV - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar