Senin, 15 April 2013

Sejarah Lengkap Tragedi Hillsborough Part 3


JFT96
 Kepolisian yang sedang bertugas di luar stadion mengganggap desakan para supporter Liverpool masuk ke dalam stadion disebabkan karena banyak dari mereka yang dalam pengaruh alkohol. Namun menurut fakta yang berkembang, kabar itu bohong belaka mengingat musibah itu terjadi karena kelalaian petugas.
Kejadian sebernarnya yang ditutup-tutupi, dan kabar bohong tentang buruknya perilaku suporter The Reds saat insiden tersebut saat harian terkenal asal Inggris menurunkan Judul kontroversial serta 3 subjudul yang tak kalah hancurnya.
Berjudul "Kebenaran" yang berisi kesaksian jurnalis The Sun yang melihat langsung tragedi tersebut. Isinya adalah beberapa fans Liverpool mengencingi para polisi yang sedang bertugas, sekelompok fans Liverpool mencuri barang-barang milik korban dan segerombolan fans Liverpool menghalangi para petugas medis untuk memberikan pertolongan kepada korban.
Alhasil, berita yang dikarang editor The Sun, Kevin MacKenzie. tersebut menghancurkan hati para korban dan melukai mereka. Sekejap saja, The Sun diboikot oleh warga Meyerside dan dilarang amat sangat untuk membaca selama mungkin.
Hal ini, membuat Mc Kenzie meminta maaf langsung kepada fans Liverpool dan mengaku terjadi kesalahan terhadap berita tersebut. Akan tetapi, hal tersebut hanya secara pribadi saja dan menganggap bahwa harian tersebut tetap tak bersalah.

don't buy the sun


Alhasil, permintaan maaf itu tak digubris oleh para keluarga korban dan The Kop, mereka tetap menganggap harian tersebut adalah haram hukumnya. Namun, The Sun mulai melunak dan tepat pada tanggal 7 Juli 2004 kemarin atau selang lima belas tahun berikutnya, mereka meminta maaf keseluruh keluarga para korban dan masyarakat Liverpool atas headline kontorvesial itu.
Sekali lagi permintaan maaf yang teramat telat tersebut tak dihiraukan oleh beberapa suporter Liverpool dan tetap memboikot harian tersebut hingga detik ini.


Untuk itu, masyarakt Inggris membuat sebuah monumen peringatan tragedi Hillsborough ini selang beberapa tahun setelah kejadian tersebut antara lain:

1. Monumen yang berisikan nama-nama para korban tragedi Hillsborough di samping Shanklu Gate
2. Dua obor api di lambang Liverpool ini untuk melambangkan ke 96 korban meninggal di Hillsborough
3. Batu nisan yang bertuliskan ucapan bela sungkawa di persimpangan jalan antara Middlewood Road, Leppings Lane and Wadsley Lane
4. Sebuah batu pahatan di katredal Liverpool yang berisikan tulisan " Hillsborough, YNWA "

 Buntut dari tragedi tersebut, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) melarang semua Stadion Inggris untuk memakai tribun berdiri dan digantikan oleh tribun yang lebih layak. Selain itu mereka mewajibkan untuk memperlihatkan kartu identitas ketika datang ke dalam Stadion sampai saat ini.


Sejarah Lengkap Tragedi Hillsborough Part 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar