Rabu, 17 April 2013

Atasi Inter, Roma Melaju ke Final Coppa Italia


Destro AS Roma

AS Roma memperpanjang asa untuk merengkuh trofi Coppa Italia ke-10. Kala melawat ke markas Inter Milan pada semifinal leg kedua, Rabu (17/4/2013), AS Roma kembali menang 2-3. Ironis bagi Inter Milab, catatan dua gol AS Roma dibukukan alumnus Primavera Inter Milan, Mattia Destro.

Sejatinya tuan rumah sempat melambungkan asa kala laga belum genap 25 menit. Kerja sama segitiga melibatkan Jonathan, Tommaso Rocchi dan Ricky Alvarez. Dua nama terakhir menjadi partner kerja sama satu dua dengan Jonathan. Full-back berkebangsaan Brasil ini pun melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke pojok gawang.

Dua menit berselang, penjaga gawang Maarten Sketelenburg harus berjibaku. Bola dilambungkan oleh Ezequiel Schelotto ke arah kotak penalti. Tommaso Rocchi hendak menyambut, tapi Sketelenburg unggul cepat mengamankan bola.

AS Roma baru mengambilalih kendali pada 15 menit terakhir paruh pertama. Walter Samuel menyapu bola dengan kurang sempurna sehingga jatuh di kaki Marquinhos. Tendangan keras pun dilancarkan Marquinhos dari luar kotak.

Sayang, kaki kiri Samir Handanovic mementahkan gol penyama kedudukan.
Handanovic kembali menunjukkan aksi heroik saat Roma memperoleh peluang dari sepak pojok Francesco Totti. Destro menyambut dengan tiang dekat, tapi masih mampu dihalau oleh Handanovic. Skor 1-0 menutup paruh pertama.

Pelatih AS Roma, Aurelio Andreazzoli coba menerapkan sebuah perubahan pada paruh kedua. Alessandro Florenzi ditarik keluar dan digusur oleh Federico Balzaretti. Benar saja, alur serangan Roma dari sisi kiri menjadi lebih hidup.

Puncaknya pada menit ke-55. Erik Lamela melepaskan umpan terobosan yang memotong garis pertahanan Inter. Mattia Destro menerima bola dan mendekati kotak penalti. Striker berusia 22 tahun ini pun mengakhiri skema serangan dengan penempatan bola di atas jangkauan Handanovic. Kedudukan kembali berimbang, tapi Roma unggul agregat 3-2.

Keunggulan agregat melebar pada menit ke-69. Aktornya masih serupa, yakni Mattia Destro. Sodoran matang Daniele De Rossi mengarah ke Destro, yang berdiri dengan kawalan minimalis. Kala Juan Jesus lengah, Destro menggetarkan gawang Inter untuk kali kedua. Gol ini sekaligus menjadi kali kelima untuk Destro pada kancah Coppa Italia.

Bahkan empat menit berselang, pemain pengganti lainnya, Vasilis Torosidis kembali menambah keunggulan. Tembakannya meluncur di atas kepala Handanovic dan berakhir di jala Inter. Agregat menjadi 5-2.

Inter sempat menciptakan gol hiburan 10 menit jelang waktu normal berakhir. Tendangan mendatarnya melaju diantara kaki Marquinhos dan mengarah tepat ke pojok gawang. Namun tiada keajaiban untuk Inter hingga peluit panjang berbunyi.

AS Roma telah dinanti rival sekotanya, Lazio pada partai puncak. Pertandingan bertajuk Derby della Capitale ini sekaligus menjadi kali ke-16 I Giallorossi berlaga di partai final Coppa Italia.

Susunan Pemain:
Inter: Handanovic; Zanetti, Ranocchia (Belloni 86), Samuel, Juan Jesus; Jonathan, Kovacic, Kuzmanovic (Forte 73), Schelotto (Benassi 64); Alvarez, Rocchi
Roma: Stekelenburg; Torosidis, Marquinhos, Castan, Marquinho; Bradley, De Rossi, Florenzi (Balzaretti 46); Lamela (Taddei 76), Totti; Destro (Dodo 70).

Video Atasi Inter, Roma Melaju ke Final Coppa Italia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar