Rabu, 02 Januari 2013

Terapi Paling Pas Bagi Penderita Insomnia

Insomnia
Banyak orang mengalami susah tidur atau yang disebut insomnia. Seringkali keadaan ini disertai kondisi badan lelah.

Penderita insomnia tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami penderitaan dalam kehidupan karena biasanya akan gelisah dan merasa diteror pada saat menjelang tidur, sehingga hal ini sangat mempengaruhi ritme kerja dan kehidupannya.

Dilansir Genius Beauty, para ilmuwan baru-baru ini menemukan obat baru untuk insomnia. Menurut Science Daily, obat dibuat oleh para ahli dari salah satu perusahaan farmasi Amerika.
Obat ini berbeda dari obat yang sama dalam mekanisme kerjanya mengurangi aktivitas orexin di otak - yang merupakan neurotransmitter yang melakukan sinyal terkait dengan menjadi terjaga.

Di Amerika, sekarang ini insomnia menjadi isu kesehatan paling penting. Sekitar setengah masyarakat Amerika yang berusia 25 ke atas mengkonsultasikan masalah tidurnya kepada dokter. Banyak warga Amerika mengkonsumsi berbagai jenis obat tidur. Lantas, bagaimana seseorang bisa menangani ganggunan ini?

Cari penyebab utama

Berdasarkan data statistik, gangguan tidur mempengaruhi sekitar 30% dari populasi orang dewasa yang disebabkan stres dan kelelahan kronis. Karenanya Anda perlu memahami mengapa keadaan alami tidur tiba-tiba berubah menjadi sesuatu yang sulit dipahami.
Cara terbaik untuk melakukannya adalah berkonsultasi dengan beberapa spesialis, seperti seorang psikoterapis, ahli saraf.

Lakukan terapi yoga

Untuk menghilangkan insomnia secara alami dapat melakukan terapi yoga yang mampu menyegarkan dan menyejukkan pikiran, tubuh dan jiwa. Yoga juga dapat mengatasi kelainan fisik dan mental, termasuk insomnia.
Selain itu, yoga bermanfaat melenturkan lutut, melatih pernapasan, melancarkan peredaran darah, melatih keseimbangan, memperbaiki postur tubuh, mengendalikan stres dan relaksasi.

Hindari banyak makan

Hindari makan banyak ketika sebelum tidur karena dapat membuat perut Anda terasa tak nyaman. Serta hindari juga minum terlalu banyak sebelum tidur karena dapat membuat anda ingin pipis ketika tidur.
Bagi Anda yang tak tahan untuk makan, makanlah sedikit saja dan makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti makanan yang berbahan gandum dan kentang agar juga tak membuat Anda gemuk.

Buat kenyamanan ruang tidur

Mengatasi susah tidur dengan mengkonsumsi pil secara terus menerus sangatlah berbahaya. Karenanya, disarankan menangkalnya dengan menggunakan cara-cara alami seperti menata dan membuat nyaman kamar tidur Anda.

Aturlah ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin, jangan terlalu panas atau dingin.

Olahraga secara teratur

Menurut penelitian berolah raga dengan teratur dapat membantu masalah tidur. Olah raga paling baik dilakukan pada pagi hari.
Dengan berolah raga, sirkulasi darah dan kerja organ tubuh akan menjadi lebih baik lagi. Olahraga yang cukup atau tidak berlebihan, maka akan menyebabkan tubuh terutama otak akan menjadi rileks dan segar.



Terapi Paling Pas Bagi Penderita Insomnia - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar