Selasa, 15 Januari 2013

Mitos, Susu Ibu Hamil Bikin Bayi Gemuk

ibu menyusui

 Ada beberapa pantangan dan mitos yang tak boleh dilakukan saat hamil. Salah satunya tentang konsumsi susu ibu hamil dianggap bisa menyebabkan kegemukan calon bayi.

Namun hal itu ternyata hanya mitos. Berat bayi tidak dipengaruhi susu, melainkan faktor genetik dan perkembangan bayi itu sendiri. Sementara jika dikonsumsi dengan benar, susu tidak akan menyebabkan kegemukan.

"Jika susu dikonsumsi secara seimbang tidak akan mengakibatkan kegemukan. Kehamilan bukan hanya mempersiapkan persalinan tetapi juga persiapankan kualitas anak," ungkap Dokter Spesialis Kandungan RS Ibu & Anak Kendang Sari, Dr. Suhartono dalam diskusi bertajuk "Menguak Fakta dan Mitos Kehamilan" yang diselenggarakan sebuah produsen susu untuk ibu hamil, belum lama ini.

Dia menjelaskan bahwa bayi yang mengalami berat badan berlebih diakibatkan karena karbohidrat yang berlebihan.

Biasanya karbohidrat itu teletak pada gula. Jika susu tidak mengandung karbohidrat tinggi maka itu tidak akan berpengaruh pada besar bayi.

"Kehamilan merupakan waktu yang sangat penting untuk memastikan ibu mendapat nutrisi terbaik untuk membantu calon nayi tumbuh dan berkembang secara normal. Bayi yang sehat terlahir dari ibu yang sehat, diluar dari mitos yang beredar, sang ibu diharapkan mampu mengetahui fakta dibalik mitos kehamilan tersebut terutama mitos mitos-mitos terkait dengan asupan nutrisi bagi ibu hamil," tambahnya.

Sementara aktris Nirina Zubir mengaku dia rajin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil selama mengandung.

"Saat hamil saya juga mengkonsumsi susu dan itu justru menunjang kesehatan saya dan janin," kata Nirina yang menjadi brand ambasador produk susu tersebut. Seperti dikutip dari beritajatim.com.


Mitos, Susu Ibu Hamil Bikin Bayi Gemuk - INILAH.com

1 komentar: