Sabtu, 26 Oktober 2013

Pemain Berkaki Kidal Terbaik Sepanjang Masa


10 Pemain Berkaki Kidal Terbaik Sepanjang Masa
Permainan sepakbola tak melulu di dominasi oleh pemain-pemain berkaki kanan. Meski tak banyak pemain di karuniai kemampuan olah bola menggunakan kaki kirinya, mereka yang berkaki kidal nyatanya mampu membuktikan bahwa kaki kiri mereka adalah senjata yang mematikan.
Bahkan, jika dilihat dari pencapaian secara individu, pemain berkaki kidal lebih unggul ketimbang pemain berkaki kanan. Contohnya, Lionel Messi yang saat ini tercatat sebagai peraih penghargaan pemain terbaik dunia empat kali berturut-turut. Messi adalah seorang berkaki kidal.

Messi adalah contoh dari sebagian kecil pemain berkaki kidal terbaik sepanjang sejarah. Berikut ini 10 pemain berkaki kidal terbaik:


1. Lionel Messi (Barcelona/Argentina)

 
Lionel Messi

Siapa yang tak kenal dengan pemuda asal Argentina ini, ya Lionel Messi. Diumur yang terbilang muda, 26 tahun, ia telah meraih segalanya di level klub serta raihan individu.

Apa yang paling mencolok dari diri pemain bertinggi 169 cm itu adalah ia seorang pemain berkaki kidal. Kaki kiri Messi adalah senjata paling menakutkan sekaligus paling mematikan.

Tengok saja raihan golnya, saat ini Messi telah mencetak 186 gol dari 275 penampilannya bersama El Barca. Dan hasilnya, ia sukses mempersembahkan banyak gelar bergengsi mulai dari juara La Liga sampai Piala Dunia antar Klub.

Untuk gelar individu, pemain berjuluk The Messiah itu dianugrahi empat kali gelar pemain terbaik dunia 2009, 2010, 2011 dan 2012.

Jadi, tak berlebihan jika menyebut Messi sebagai pemain berkaki kidal terbaik sepanjang masa.


2. Diego Maradona (Argentina)

Diego Maradona
Anda ingat gol tangan Tuhan di Piala Dunia 1986? Ya, gol fenomenal yang dibuat legenda hidup sepakbola Timnas Argentina, Diego Armando Maradona.

Maradona tercatat sebagai pemain bekaki kidal paling produktif sepanjang masa. Dari kaki kirinya tercipta 258 gol dari total 492 kali penampilanya di sejumlah klub yang sempat dibelanya.

Dan gol kaki kirinya yang tak akan terlupakan adalah saat ia berhasil mengecoh enam pemain Inggris dengan dribel kaki kirinya dari garis tengah lapangan di Semifinal Piala Dunia 1986 yang berakhir 2-1 untuk Argentina.


3. Ryan Giggs (Manchester United/Wales)

 
Ryan Giggs

Mungkin masih banyak pemain yang lebih baik dari seorang Ryan Giggs, namun hanya sedikit yang bisa menyamai karir pria Wales tersebut di usai yang hampir menginjak kepala empat.

Giggs yang mulai bermain di tim senior United terkenal dengan drible dan akurasi tendangan kaki kiri yang mumpuni. Kemampuannya tersebut membuatnya kerap diberi kepercayaan mengobrak-abrik pertahanan lawan dari sisi kiri.

Musim ini, Giggs berusia 39 tahun namun kemampuannya masih mumpuni. Meski tak sering turun bermain, kemampuan dan pengalamannya masih dibutuhkan di skuad United.

Selama 23 musim, ia telah mencetak 168 gol dari 941 pertandingan.

4. Roberto Carlos (Brasil)

Roberto Carlos
 Roberto Carlos adalah salah satu bek berkaki kidal terbaik sepanjang sejarah. Pemain bertinggi 168 cm pernah mencetak sebuah gol kaki kiri terindah sepanjang masa saat Brasil melawan Prancis di tahun 1997.

Tendangan kaki kirinya melengkung indah melewati pagar betis pemain Prancis, bola jatuh tepat di pojok kiri bawah gawang Prancis yang saat itu di kawal Fabian Barthez.

Selama karirnya membela Timnas Brasil, Carlos telah tampil sebanyak 125 kali dan mencetak 11 gol. Ia tampil di tiga Piala Dunia dan membantu Brasil juara di tahun 2002.

Di level klub, Carlos tampil di 370 laga bersama Real Madrid dengan menyumbang 47 gol.

5. Raul Gonzalez (Spanyol)



Meski karirnya mulai meredup, nama Raul Gonzalez Blanco masih tercatat sebagai penyerang berkaki kidal terbaik saat dirinya masih berseragam Real Madrid.



Dengan torehan 323 gol dari 741 penampilan, Raul menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa. Lebih jauh, pria yang kini bermain bagi klub Al Saad itu berkontribusi besar atas sejumlah gelar prestisius yang pernah diraih El Real. Sebut saja gelar La Liga hingga Liga Champions Eropa pernah disumbangkannya.



Di timnas Spanyol, ia mengantongi 102 caps internasional dan menyumbang 44 gol.






10 Pemain Berkaki Kidal Terbaik Sepanjang Masa - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar