Rabu, 30 Oktober 2013

DKI Siapkan Rp4 Miliar untuk Bencana Banjir

Antasipasi Banjir Jakarta

Pemprov DKI Jakarta melakukan persiapan guna mengantisipasi bencana banjir Memasuki di musim hujan ini. Anggaran Rp4 miliar yang diambil dari APBD DKI dikucurkan untuk dana tanggap darurat antisipasi bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso mengatakan, selain menyiapkan anggaran Pemprov DKI juga telah membuat tim gabungan khusus untuk menangani bencana.

"Kami siapkan tim dengan anggota berjumlah 2.000 orang yang terdiri dari dari Satpol PP, Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Kebersihan, Pertamanan, Kesehatan, dan Pemadam Kebakaran," kata Kukuh di Balai Kota DKI, Rabu (30/10/2013).

Kukuh mengatakan, BPBD tugas utama memantau situasi, dan langsung koordinasi dengan dinas terkait saat dibutuhkan. Ia mencontohkan, saat sungai meluap atau banyak genangan air, maka langsung meminta Dinas PU untuk memantau dan mengambil langkah.

Tak terkecuali mengenai pohon tumbang yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta. Kukuh langsung meminta Dinas Pertamanan untuk membersihkan. "Kami sudah minta pertamanan untuk periksa pohon yang tua dan membahayakan," katanya.

Kukuh mengatakan, sudah mendengar kabar mengenai beberapa warga yang tewas dalam dua pekan terakhir karena tersengat listrik di ruang publik. "Saya sudah minta Satpol PP buat meriksa, pagar, tiang dan jembatan. Kalau ada listrik bocor langsung lapor PLN biar langsung dibenerin," katanya.

Untuk pengawasan curah hujan dan jumlah air yang masuk ke ibu kota, BPBD berkoordinasi dengan Pemda Bogor, BMKG dan kementerian. "Kami dapat informasi setiap saat. Saya sendiri dapat laporan 3-4 kali dari pagi sampai malam tiap hari," ujarnya.
DKI Siapkan Rp4 Miliar untuk Bencana Banjir - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar