Ini Dia Cara Deteksi Benjolan pada Payudara

Kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi wanita. Selain penyebaran sel yang mahadahsyat, penyakit ini juga berujung kematian.

Kanker pada payudara biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua benjolan pada buah dada merupakan kanker atau tumor.
Lantas, bagaimana cara mendeteksi jika ada benjolan di payudara ?

Sebagian besar perempuan boleh dibilang sudah paham tentang betapa pentingnya sadari atau periksa payudara sendiri. Kegiatan rutin ini ampuh mendeteksi secara dini kemungkinan munculnya gejala kanker payudara. Namun, jangan cemas dulu ketika terasa adanya benjolan saat melakukan sadari.
Adalah aplikasi 'Spot it Yourself' sebuah aplikasi mobile terbaru yang berisi informasi tentang kanker payudara dan bagaimana mendeteksinya.



Aplikasi yang memiliki kapasitas enam MB menyediakan fitur informasi dasar seperti tentang kanker payudara (pengertian fakta, risiko penyebab, deteksi dini, informasi pendukung), kenali payudara (menyajikan gambar guna mengenali anatomi payudara), FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pasien).
Lalu cara melaksanakan Sadari (memberikan gambar bagaimana kita memeriksa payudara sendiri, bila ada benjolan yang tidak wajar ? segera hubungi dokter).

Fitur konsultasi dengan dokter lewat email yang akan dijawab maksimal dalam waktu 2 x 24 jam, referensi rumah sakit. Apa pula metode pemeriksaan medis melalui mamografi, USG, MRI, PET SCAN, dan biopsi, berita terkini dari YKI dan dokter spesialis, serta diskusi dan sharing dengan Komunitas.
"Fitur bisa berkembang seiring berjalannya waktu dan masukan dari berbagai pihak dalam hal kanker payudara," lanjut Aswindaru Rinenggo, Kepala Operasi Divisi Healthcare PT Philips Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/11).

Dalam pengembangan berikutnya, akan ada fitur inbox. Fitur ini berguna untuk menyinpan semua tanya jawab dari pengguna aplikasi kepada dokter secara personal.
"Kami akan akan coba pertimbangkan, live chat, karena saat ini ada keterbatasan bandwith, dokter, dan traffic."

Dan tidak kemungkinan, Spot It Yourself akan merambah ke Windows phone, serta versi desktop. Untuk tahun ini, Philips menargetkan terdapat lima ribu pengunduh aplikasi ini sampai tahun depan.
"Kenali gejala kanker payudara sedini mungkin, karena jika ditangani sejak dini mengeluarkan biaya sedikit. Dibandingkan jika terlambat, biaya yang dikeluarkan besar," tandas Rina Susanti, survivor yang memiliki ide dalam kompetisi The '+' Project: Access to Healthcare.

Untuk diketahui, Philips bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) memerkenalkan aplikasi mobile terbaru yang berisi informasi tentang kanker payudara dan bagaimana mendeteksinya. Aplikasi tersebut adalah "Spot It Yourself". Spot It Yourself merupakan realisasi dari ide pemenang The '+' Project: Access to Healthcare, Rina Susanti, survivor kanker payudara.

sumber:
Ini Dia Cara Deteksi Benjolan pada Payudara - gayahidup.inilah.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Bugil Guru PNS Gegerkan Garut

Inilah Eva Ajeng Istri Muda Eddy Santana Walikota Palembang

China Blokir Situs Alphabet