Minggu, 19 Mei 2013

Supercapacitor, Isi Ulang Baterai Hanya 20 Detik


Supercapacitor
 Banyak yang mengeluh jika baterai pada smartphone tergolong cepat habis. Inilah yang mendorong seorang remaja membesut perangkat isi ulang baterai super cepat.
Eesha Khare, seorang remaja 18 tahun asal Saratoga, California, AS, berhasil menemukan perangkat bernama Supercapacitor yang dapat melakukan quick-charging atau isi ulang baterai hingga penuh waktu hanya sekitar 20 hingga 30 detik.
"Baterai pada ponsel saya cukup cepat habis. Oleh karena itu, saya mencoba cintakan perangkat ini yang tergolong cukup fleksibel sehingga bisa digunakan di layar rollup, baju dan bahan seperti kain," ujar Khare kepada NBC News.
Sejauh ini Supercapasitor besutan Khare ini memang baru diuji untuk menyalakan lampu LED, tapi pengujian tersebut dapat berjalan dengan baik.
Berkat temuannya ini, Khare dinobatkan sebagai salah satu pemenang pada ajang tahunan Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) dan berhak atas hadiah US$50 ribu dari Intel.
Disebutkan, jika Supercapasitor ini sudah menyelesaikan tahap akhir dengan baik, maka sebuah perusahaan multi-nasional di AS sudah pasti siap untuk memproduksi massal perangkat inovatif ini.
Penasaran seperti apa Supercapasitor temuan remaja 18 tahun ini? Anda bisa langsung saksikan videonya di tautan berikut.


Supercapacitor, Isi Ulang Baterai Hanya 20 Detik - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar