Rabu, 15 Mei 2013

Kebiasaan Ini Pemicu Kanker Payudara


Breast Cancer
Jenis kanker yang cukup ditakuti oleh sebagian besar perempuan adalah kanker payudara. Kebiasaan apa yang jadi penyebabnya?

Kanker payudara timbul akibat berkembangnya sel kanker secara abnormal di daerah payudara. Jika ditemukan secara dini kanker ini memiliki tingkat kesembuhan yang baik. Namun jika sudah stadium lanjut umumnya tingkat kesembuhan semakin menurun.
Selain itu, kanker payudara didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh Word Health Organization (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 17.
Parahnya, menurut American cancer Society,satu dari delapan wanita akan terkena kanker payudara dalam hidup mereka. Untuk itu, mengetahui penyebab agar kemudian sejak dini melakukan pencegahan menjadi kunci penting terhindar dari risiko tersebut.
Nah, berikut beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh seorang wanita, diklaim sebagai pemicu terkena kanker payudara.
 
Konsumsi pil KB
 
The Mayo Clinic dan American Cancer Society menjelaskan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan wanita terkena risiko kanker payudara. Sementara itu, risiko ini akan menurun secara otomatis bila penggunaan pil KB berhenti.
 
Sering minum alkohol
 
Hasil penelitian The American Cancer Society menunjukan bahwa wanita minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari, mempunyai kemungkinan lebih besar terkena kanker payudara.
 
Mengkonsumsi banyak lemak
 
Konsumsi lemak diperkirakan sebagai suatu faktor risiko terjadinya kanker payudara. Willet dkk. melakukan studi prospektif selama 8 tahun tentang konsumsi lemak dan serat dalam hubungannya dengan risiko kanker payudara pada wanita umur 34-59.
 
Duduk terlalu lama di sofa
 
Bersantai di sofa setelah beraktivitas seharian memang dibutuhkan tubuh. Tetapi jika terlalu sering dilakukan bahkan hingga melewatkan waktu untuk olahraga, maka bisa memiliki efek buruk, seperti meningkatkan risiko kanker payudara.
Kondisi ini tidak hanya menyebabkan obesitas, tapi olahraga telah terbukti bisa mengurangi risiko kanker payudara. Untuk itu hindari terlalu sering bersantai di sofa, tapi luangkan waktu untuk berolahraga.
 
Sering makan daging merah
 
Menurut studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard Medical School, wanita yang mengonsumsi daging dua kali lebih banyak akan cepat terkena kanker payudara. Karena daging merah diklaim mengandung asam amino yang merangsang insulin tinggi telah dikaitkan dengan kanker payudara.
 
Kurang tidur
 
Kurang tidur atau hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur tidak hanya membuat orang sulit konsentrasi bekerja atau sekolah keesokan harinya, namun juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
Penelitian baru menemukan mempertahankan kebiasaan tidur dengan kualitas yang baik dan cukup bisa mengurangi risiko berkembangnya bentuk agresif dari kanker payudara. Untuk itu pastikan selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Jenis - jenis Kanker Payudara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar