Jumat, 17 Mei 2013

Pertama di Dunia, Truk Dirakit Tangan Dalam 12 Jam


The OX

Truk pertama yang dirakit dengan tangan dalam waktu hanya 12 jam berhasil dibuat. Truk ini awalnya dirancang menjadi kendaraan di benua Afrika.

Benua Afrika memiliki 10% dari populasi dunia, tetapi tidak banyak kendaraan di sana yang benar-benar dirancang memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Perusahaan non-profit asal Inggris, Global Vehicle Trust ingin mengubah fakta itu dengan membuat truk yang sangat murah dan dapat dirakit dalam sekejap hanya dengan menggunakan peralatan biasa dan keterampilan saja.

Terinspirasi dari truk-truk di Afrika di tahun 1980-an, perusahaan ini berhasil membuat prototipe truk dengan penggerak roda depan dan bermesin diesel 2.200 cc dengan transmisi manual. Bobot truk ini hanya 1,7 ton dengan ground clearance yang tinggi, sehingga dapat melewati air sedalam 30 inci.

Saking praktisnya, truk bernama The OX ini hanya membutuhkan tiga orang untuk merakitnya dengan hanya menggunakan peralatan biasa dalam waktu 11,5 jam saja, seperti dilansir Jalopnik.

Dengan kursi pengemudi yang dirancang di tengah, truk ini mampu menampung hingga 13 orang penumpang atau 44 galon drum di bagian belakang. Bahkan bagian bodi belakangnya dapat dirakit hanya dalam waktu sekitar 5 jam.

Truk ini kini sedang dikembangkan dari model prototipe untuk menjadi sebuah model produksi, dan dipercaya akan memancing minat konsumen lain yang berada di luar Afrika.



Spesifikasi Truk The OX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar