Jumat, 17 Mei 2013

Bintang Film India Sanjay Dutt Kembali Dipenjara


 Sanjay Dutt
Sesuai perintah Mahkamah Agung India, bintang film kenamaan Sanjay Dutt menyerahkan diri Jumat (17/5/2013) sore terkait dengan peledakan beruntun di Mumbai pada 1993.

Sanjay Dutt menyerahkan diri sebelum pengadilan Pencegahan Teroris dan Aktivitas Destruktif (TADA) memerintahkannya menyelesaikan hukuman penjara yang tersisa selama tiga setengah tahun dari total hukuman lima tahun penjara, lapor The Statesman, koran India, Jumat (17/5).

Bintang film ini dinyatakan bersalah karena memiliki senjata api jenis AK-56 ketika meletup kerusuhan pada 1992-1993 dan sejumlah peledakan mematikan yang terjadi pada 12 Maret 1993 yang mengguncang kota pusat perfilman India itu.

Pengadilan TADA semula memutuskan, “Ia bukan teroris” yang kemudian diperkuat oleh keputusan Mahkamah Agung pada 2013. MA India juga mengurangi masa hukumannya dari enam menjadi lima tahun.
Kerumunan besar orang dan wartawan menunggu kedatangan Sanjay Dutt masuk penjara yang terletak di pusat kota Mumbai. Ia mengenakan baju kurta, celana jeans dan semacam udeng “tilak” yang menutupi jidatnya. Dalam perjalanan dari apartemennya di Imperial Heights di Bukit Pali Barat, Dutt menyempatkan diri mampir ke kuil Hindu Siddhivinak bersama isterinya. Manyata.

Dua teman Dutt dalam serangan itu, Keki Adajania dan Yusuf Nullwala yang membantunya memusnahkan AK-56, juga menyerahkan diri ke pengadilan yang sama. Mereka berdua diwajibkan menyelesaikan masa hukumannya. Mereka diminta datang ke MA paling lambat jam 16:00 Jumat sore.

Setelah menyerahkan diri, staf MA segera menyelesaikan surat menyurat yang diperlukan. Ia bakal dikerangkeng di Penjara Pusat Mumbai, setelah pernah merasakan jeruji Penjara Yerawada di Puna (sekitar 30 kilometer dari Mumbai) selama 18 bulan dari masa hukuman lima tahun penjara. Ia dibebaskan bersyarat oleh MA setelah mengajukan banding atas dakwaan perbuatannya, beberapa tahun lalu.

Beberapa bintang film India sempat menjenguk Dutt di penjara. Antara lain Salman Khan, Abhisek Bachchan, Ajay Devgan, David Dhawan dan Sanjay Gupta.

Bintang Film India Sanjay Dutt Kembali Dipenjara - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar