Rabu, 23 September 2015

[ Review ] Knowledge Zenith KZ GR In Ear Monitor




Disclaimer : Ini adalah review personal dan cenderung amatir, tidak diperuntukan untuk kalangan audiophile,audio master atau suhu-suhu audio. Review ini diperuntukan bagi kalangan awam yang ingin mengenal atau masuk ke dunia audio ( newbie ) .

Spesifikasi



  • Transducers/Drivers: Dynamic, 10MM
  • Rated Impedance: 18 oHms
  • Sensitivity: 108dB
  • Frequency range: 7Hz ~ 29kHz ( saya rasa tidak sejauh luas ini cakupan kz gr mungkin masih di 15Hz ~ 22kHz )
  • Plug: 3.5 mm L Curved
  • Cable length: 1.2 meters
  • Weight: 400g ( cukup berat bukan ? )
  • Dimensions in (cm): 15 x 10 x 15


  • Knowledge Zenith KZ GR
    Knowledge Zenith salah satu brand audio yang sedang naik daun dikalangan pecinta personal audio di Indonesia. Knowledge Zenith mampu menghadirkan produk - produk berkualitas sangat baik dengan harga yang sangat murah ! Konon Knowledge Zenith adalah pemasok bahan baku untuk brand Denon.
    Kali ini saya ingin memberikan mini review salah satu produk Knowledge Zenith, KZ GR. Sebenernya saya ingin mencoba KZ ATE yang bentuknya over the ear dan sangat mirip dengan in ear monitor high end yang biasa dipakai musisi, namun sayang stock dari KZ ATE sangat sedikit dipasaran sehingga saya memutuskan untuk mencoba KZ GR yang memiliki fitur unik.

    Packing
    packing knowledge zenith kz gr mirip dengan packing ocharaku flat-4 kaede 

    Packing dari Ocharaku Flat - 4 

    Tampilan belakang dari packing knowledge zenith kz gr
    Packing dari Knowledge Zenith KZ GR ini simple hanya dibungkus kardus polos yang di branding knowledge zenith, biarpun hanya kardus polos, tapi sama sekali tidak terlihat seperti barang murahan. Packing seperti ini mirip dengan packing dari brand High End Ocharaku , hanya saja knowledge zenith kz gr tidak memberikan packing kayu didalamnya.


    kz gr
    Paket Penjualan dari Knowledge Zenith KZ GR
    Paket penjualan cukup simple : earphone, tambahan 2 pasang eartips dan 1 filter ( untuk sound yang menjadi balance berwarna merah dan terbuat dari bahan metal .

    NOTE : Eartips bawaan kz gr adalah hitam, gambar diatas kz gr sudah menggunakan eartips spinfit



    Build Quality 

    Housing Knowledge Zenith KZ GR terbuat dari metal
    Housing metal dan bukan metal abal - abal . Ya dari beratnya, bahan yang digunakan untuk housing kz gr ini sangat lah kokoh dan memiliki bobot yang berat ( jauh lebih berat dari bobot kebanyakan IEM yang ada dipasaran ) . Housing memang terlihat kokoh, tapi dengan memiliki bobot yang sangat berat untuk ukuran in ear monitor membuat kz gr rawan jatuh saat dipakai beraktivitas. Banyak pengguna kz gr yang mengakali masalah ini dengan menggunakan ear hook . Tapi untuk pemakaian sehari - hari ( dipakai saat diam , duduk atau tidur ) kz gr masih nyaman digunakan.

    Kabel terbuat dari bahan yang lentur dan transparan. Menurut spesifikasi yangada di internet kz gr ini menggunakan kabel model OFC (Oxygen Free Cable) . Tampilan kabel nya sangat keren dan mirip dengan tampilan kabel silvercoathing. Knowledge Zenith KZ GR sudah menggunakan L Jack dan konon jack kz gr ini dilapis oleh lapisan emas.

    Kabel Knowledge Zenith KZ GR
    Eartips cukup lembut dan nyaman digunakan . Jauh lebih lembut dari eartips Phrodi 007 ( Jimbon ) namun masih dibawah spinfit,sony hybrid atau comply foam. 

    Filter : Terdapat 2 filter udara yang bisa dikustom pada kz gr, mirip fitur yang ada di RHA T10 & T20. Satu berwarna hitam dan terbuat dari plastik (atau sejenis nya) dan satu lagi berwarna merah metalik terbuat dari bahan metal. 

    Knowledge Zenith KZ GR memiliki 2 Filter yang dapat digunakan mentuning sound quality 
    RHA T10i memiliki fitur custom filter sama seperti KZ GR


    Filter Default dari Knowledge Zenith KZ GR berwarna hitam dan berkarakter warm
    Sound quality

    Sound quality saat pertama kali kz gr digunakan warm ( oiya , filter default yang digunakan pada kz gr ini adalah filter hitam yang karakternya lebih ke basshead) . Bass cukup boomy tapi masih terkontrol untuk musik EDM sangat enjoy , mid range ( vocal ) berada diposisi pas ditengah dan kadang terasa mundur, High cukup keluar meskipun tidak sparkling dan detail. Sound signature mirip dengan shure se 215 standar dengan treble yang sedikit berkurang. 

    Saya tidak melakukan burn pada review ini, saya menggunakan aplikasi dari cardas audio yang terdapat di android playstore:  cardas clarified. Hasilnya dari tunning menggunakan cardas clarified membuat bass boomy menjadi lebih terkontrol, posisi mid ( vocal ) lebih stabil di tengah dan high menjadi sedikit lebih detail.

    Setelah puas dengan settingan default saya pun mulai bereksperimen dengan mengganti eartips bawaan kz gr dengan spinfit . 

    KZ GR menggunakan Spinfit Eartips
    Efek penggunaan eartips spinfit paling berasa di mid range yang lebih maju dan detail yang lebih baik.Disektor bass terjadi pengurangan intensitas di frequensi bawah ( low bass). Oiya saya masih menggunakan fiter hitam atau filter untuk tunning bass. Dengan spinfit , membuat sound signature KZ GR benar - benar mirip dengan Shure SE 215 ( Setidaknya menurut kuping kaleng saya :P ) .

    Puas mengulik filter bass, akhirnya saya mengganti filter bass dengan fillter merah yang menurut banyak orang lebih all rounder dan flat. Ternyata penggunaan filter merah pada kz gr ini memberikan impact berkurangnya bass secara signifikan dan peningkatan disisi treble yang jauh lebih banyak porsinya. 

    Detail meningkat , trebel lebih cring dan vocal lebih maju. Tidak sedasyat Grado tetapi cukup bright karakter yang dimunculkan dari KZ GR dengan filter merah ini . Bagi anda yang menyukai karakter suara bright, trebel dan detail akan sangat menyukai tunningan ini.Tetapi bila anda basshead seajati, ada akan kurang nyaman dengan tunningan ini.

    Knowledge Zenit KZ GR menggunakan filter merah
    Saya sungguh takjub dengan perubahan yang terjadi ketika mengganti filter pada kz gr, iem yang awalnya berkarakter warm dan sedikit kearah basshead berubah menjadi iem berkarakter bright. Untuk saya perubahan ini bukan dari warm ke all rounder tapi lebih ke arah bright. 

    Kesimpulan

    Pros :
    1. Build Quality sangat baik kecuali eartips yang standar ( tidak bisa dibilang jelek tapi masih jauh dari bagus , pas untuk range harga dibawah 200 ribu)
    2. Tunning Suara yang bisa 2 karakter yang bertolak belakang
    3. Kabel yang sangat baik kualitasnya.  
    Cons :
    1. Bobot housing yang berat membuat kz gr tidak direkomendasikan untuk aktivitas diluar ruangan atau berolahraga. 
    2. Aksesoris yang minim ( mungkin bila ditambah pounch atau memory foam akan lebih baik lagi)  
    3. Penanda kanan dan kiri yang susah dilihat .

    Worted to buy ? Yup ! Salah satu in ear monitor ( IEM) dengan kualitas yang mumpuni baik dari build quality dan soundquality. Jika anda sedang mencari in ear monitor untuk bersantai dan bukan sebagai audiophile atau monitoring sound profesional, Knowledge Zenith KZ GR patut dicoba. 









    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar