Kamis, 13 Agustus 2015

China Blokir Situs Alphabet

Alphabet
Alphabet, perusahaan yang baru saja diresmikan oleh para pendiri Google, ternyata mendapat tanggapan negatif di China. Tak lebih dari 24 jam setelah diumumkan, situs resmi Alphabet diblokir di Negeri Tirai Bambu itu.

Sejauh ini, situs yang beralamat www.abc.xyz tersebut hanya berisi surat dari pendiri Google yang juga CEO Alphabet, Larry Page, dan sebuah tautan ke laman investor relation Google.

Pemerintah China memang mengoperasikan sistem penyensoran internet paling mahal dan paling canggih di dunia yang disebut dengan 'Great Firewall'. Kemungkinan besar, pemblokiran situs Alphabet merupakan dampak dari sistem tersebut.

Kendati diblokir, pengumuman kehadiran Alphabet ini luas diberitakan oleh media massa China, termasuk Harian Rakyat yang menjadi corong Partai Komunis.

Alphabet merupakan sebuah perusahaan induk yang di dalamnya termasuk mesin pencari Google dan perusahaan-perusahaan independen lain seperti Life Sciences yang terfokus pada pengembangan produk kesehatan seperti kontak lensa pendeteksi diabetes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar