Minggu, 06 April 2014

Hindari Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur!



Sebuah survei di Inggris menyatakan, sembilan dari sepuluh remaja yang terkena cahaya biru dari layar ponsel di kamar pada malam hari, memiliki gangguan tidur.

Survei ini juga menunjukkan, 28 juta orang di Inggris mempunyai durasi tidur tak lebih dari tujuh jam sehari. Padahal orang dewasa memerlukan waktu tidur minimal delapan jam sehari, sedangkan remaja harus lebih lama, minimal sembilan jam, demikian laporan BBC.

"Penemuan ini sangat mengkhawatirkan, karena kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kenaikan berat badan, serangan jantung, diabetes, dan kanker," ujar Prof Richard Wiseman yang melakukan penelitian ini.

Dari 2.149 orang dewasa yang disurvei, 78% mengaku selalu mengecek ponsel atau tablet mereka sebelum tidur. Jumlah ini meningkat pada kelompok usia 18-24, yakni mencapai 91% di antara mereka mengatakan terus menyalakan ponsel di malam hari.

"Cahaya biru dari perangkat ini menekan produksi hormon melatonin yang menginduksi tidur, jadi penting untuk menghindari penggunaannya sebelum waktu tidur," ungkap Richard menambahkan.

Setiap orang memerlukan waktu tidur berbeda-beda, dan kebutuhan itu harus dipenuhi demi menjaga kesehatan Anda.





Hindari Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur! - INILAH.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar