Minggu, 14 Oktober 2012

Mesin Bubut Jadi Pahlawan Nasional di Korea Utara - teknologi.inilah.com

Mesin Bubut Jadi Pahlawan Nasional di Korea Utara - teknologi.inilah.com


Pyongyang - Kabar yang tak biasa datang dari Korea Utara. Negara anti-Barat yang cenderung tertutup ini, baru saja mengumumkan pemberian gelar 'Pahlawan Nasional' kepada sebuah mesin bubut. Wah, ada-ada saja.
Sebuah mesin bubut baru saja dinobatkan jadi pahlawan nasional di Republik Rakyat Demokratik Korea, alias Korea Utara. Negara komunis ini mematahkan kebiasaan bahwa gelar pahlawan biasanya diberikan kepada seseorang yang berjasa membela negara dan berkontribusi dalam kemajuan suatu bangsa.
Dilansir oleh Technewsdaily, mesin bubut bernama Lathe No. 26 mendapatkan gelar 'Pahlawan Buruh' dan 'First Class of the Order of National Flag' karena dinilai berkontribusi terhadap modernisasi di Korea Utara.
Menurut kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, gelar itu diberikan karena mesin ini dinilai bersejarah dan berjasa terhadap proses modernisasi Korea Utara. Mesin Lathe No. 26 beroperasi penuh selama 50 tahun dan berubah menjadi mesin computer numerical control(CNC) yang merupakan bagian dari upaya modernisasi.
Tidak hanya itu saja, jika dilihat dari sisi historis, mesin ini juga pernah dioperasikan secara personal oleh pemimpin besar Korea Utara, Kim Jong Il.
Gelar 'Pahlawan Buruh' adalah penghargaan tertinggi bagi kaum sipil di Korea Utara. Sedangkan gelar 'Order of National Flag' merupakan penghargaan tertinggi dari negara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar