Jumat, 30 Desember 2011

Angry Birds, Planking &Tiger Mom Terheboh - www.inilah.com


Angry Birds, Planking &Tiger Mom Terheboh - www.inilah.com

Obsesi Dunia di 2011
Angry Birds, Planking &Tiger Mom Terheboh

INILAH.COM, Jakarta - Setiap tahunnya, selalu ada tren di kultur pop yang menjadi obsesi bersama. Internet menjadi media utama yang menyebarkannya. Apa saja tren yang menjadi obsesi dunia pada 2011?

Salah satunya adalah game ‘Angry Birds’ yang membuat setiap pemilik gadget sibuk memainkannya. Burung-burung yang marah kepada babi itu pun menjadi sebuah fenomena dan telah diunduh sebanyak 500 juta kali sejak pertama dirilis di iPhone pada Desember 2009.

Rovio, pengembang game asal Finlandia inilah yang bertanggung jawab menyebabkan seluruh dunia kecanduan. Sukses besar mereka juga disebabkan game segala umur ini tak sulit untuk dimainkan. Kapan saja, di mana saja.

Tak hanya itu, merchandise-nya sudah bertebaran dimana-mana. Mulai dari boneka, gantungan kunci, pakaian, tas sekolah, tempat makan dan banyak lagi. Rovio pun kebanjiran dana, mengeruk dana hingga US$42 juta.

Angry Birds menjadi topik bahasan dimana-mana. Beberapa menilainya terlalu childish dan bertanya-tanya, mengapa orang-orang cerdas suka permainan konyol. Mungkin, mereka hanya melepas lelah dengan sesuatu yang ringan. Alasan yang sama mengapa game Pac-Man laku keras.

Obsesi unik selanjutnya disebarkan ke seluruh dunia via internet, yakni planking. Berbaring tengkurap dengan tangan dirapatkan di sisi tubuh, di mana saja anda bisa. Beri caption, kemudian posting fotonya untuk dipamerkan di internet. Itulah planking.

Makin unik lokasi anda, makin besar apresiasi yang diberikan oleh masyarakat internet. Di ‘situs resminya’, ada beberapa aturan. Selain berbaring tengkurap, wajah ke bawah dan tangan di sisi, anda harus menampilkan wajah tanpa ekspresi.

Permainan ini semakin menarik, begitu selebritas dunia juga ikut melakukannya. Orang pun makin kreatif. Sayangnya, hal ini berarti mereka juga menentang bahaya untuk ambil bagian dalam fenomena ini. Satu orang dikabarkan tewas saat berusaha planking di balkon sebuah gedung dan jatuh.

Hubungan Amerika dan China juga menjadi sorotan, berkat buku Amy Chua yang bertajuk ‘Battle Hymn of the Tiger Mother’. Karya Dosen Yale University ini kemudian menjadi headline media Amerika, setelah ia diwawancarai Wall Street Journal dan menjadi sebuah artikel, ‘Why Chinese Mothers Are Superior’.

Hal ini terkait sifat superior pada satu kultur tertentu, yakni China di Amerika. Ego Amerika agak sedikit ‘tersenggol’ dengan fakta anak-anak China unggul di sains, membaca dan matematika meski baru mulai mengikuti sistem AS itu pada 2010.

Kredit sebagai orang paling berjasa diberikan pada ibu mereka, memunculkan istilah ‘Tiger Mom’ yang jadi tren di internet. Maka Amy Chua muncul, memberikan alasan dan teori seputar perbedaan ibu China dan Amerika.

Buku tersebut didasarkan pada pengalaman Chua menjadi China-Amerika yang memiliki suami seorang Yahudi dan berjuang menjadi American family yang normal. Bukunya banyak mendapat kritikan, namun istilah ‘Tiger Mom’ terus melekat.

Dari dunia hiburan, tingkah laku aktor Charlie Sheen yang ‘ajaib’ mendapatkan banyak perhatian, terutama di kalangan pengguna situs blog mikro Twitter. Ia bercerai, menikah dan bercerai lagi dalam waktu yang dekat. Tweet-nya di akun @charliesheen juga tak kalah anehnya.

Sementara penyanyi remaja Rebbeca Black mendapat banyak kritikan karena lagu ‘Friday’ miliknya yang dianggap payah. Sisi positifnya, meski ia menjadi video terbanyak mendapat dislike di situs YouTube, banyak musisi simpati padanya. Seperti Katy Perry yang akhirnya menjadi kawan akrab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar